KEGIATAN MONITORING PELAKSANAAN POSYANDU DAERAH DI KABUPATEN WONOSOBO OLEH DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI JAWA TENGAH

KEGIATAN MONITORING PELAKSANAAN POSYANDU DAERAH DI KABUPATEN WONOSOBO OLEH DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL PROVINSI JAWA TENGAH

Dalam rangka kegiatan monitoring pelaksanaan posyandu daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Wonosobo tepatnya di Desa Gunturmadu dan Desa Igirmranak, yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 7-8 Oktober 2021.

Posyandu merupakan kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh , dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Tujuan dari Posyandu adalah untuk menurunkan angka kematian bayi, angka kematian ibu, melahirkan, dan nifas, membudayakan NKBS, meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapaianya masyarakat yang sehat dan sejahtera. Kegiatan pokok posyandu berupa KIA, KB, Imunisasi, Gizi, dan penanggulangan diare.

Dilakukannya kunjungan ke Desa Gunturmadu dan Desa Igirmranak karena kedua desa tersebut masuk dalam Desa dengan Stunting tingkat tinggi. Banyak anak mengalami gangguan dalam pertumbuhan sehingga menyebabkan tubuhnya lebih pendek ketimbang dengan teman-teman seusianya. Kondisi ini banyak dialami oleh anak yang masih di bawah usia 2 tahun, dan harus segera ditangani dengan cepat dan tepat. Dengan adanya kegiatan posyandu, dapat mengetahui berapa jumlah anak yang mengalami gangguan pertumbuhan, dan masalah gizi. Sehingga pemerintah dapat segera mengatasi permasalahan tersebut dengan cepat dan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *