BIMTEK PEMUTAKHIRAN DTKS BAGI ADMIN DESA/KELURAHAN TAHUN 2021

BIMTEK PEMUTAKHIRAN DTKS BAGI ADMIN DESA/KELURAHAN TAHUN 2021

Dalam rangka penguatan pengelolaan Data Terpadu Kesejahtetraan Sosial (DTKS) di Kabupaten Wonosobo, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Wonosobo mengadakan Bimbingan Teknis bagi admin DTKS di desa/kelurahan se Kabupaten Wonosobo. Pelaksanaan kegiatan berlangsung selama 5 (lima) hari yaitu mulai tanggal 27  September – 1 Oktober 2021 di Aula Dinsospmd. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk refresh bagi admin DTKS Desa/Kelurahan dan sekaligus pengenalan SIKS NG versi terbaru. Hadir sebagai narasumber selain dari Dinas Sosial PMD juga unsur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonosobo. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat mengurai permasalahan data yang selama ini masih menjadi isu ketidaktepatan sasaran program kegiatan.

Permasalahan utama dalam DTKS adalah NIK yang tidak valid dan juga NIK Valid tetapi tidak padan Dukcapil, sehingga perlu pemadanan NIK oleh DUKCAPIL, dan juga diharapkan keaktifan dari desa/kelurahan untuk melakukan verifikasi dan validasi DTKS . Seperti diketahui pada tahun 2020 desa/kelurahan yang aktif verval  baru mencapai 96,99% artinya masih ada desa/kelurahan yang sama sekali belum verval DTKS.

Perlu komitmen bersama untuk penguatan pengelolaan data ini, karena DTKS ini sebagai single data dalam penentuan sasaran program kegiatan penanganan kemiskinan di Wilayah Kabupaten Wonosobo.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *