Kerja Bersama Demi Disabilitas Sejahtera

Kerja Bersama Demi Disabilitas Sejahtera

Sabtu, 23 Februari 2019 – Pekerja Sosial Pendamping Penyandang Disabilitas Kemensos RI Andreas Bima Kurniawan melaksanakan pertemuan dengan Ikatan Disabilitas Wonosobo (IDW). Pertemuan rutin bulanan yang digelar di rumah salah satu anggota Ikatan Disabilitas Wonosobo (IDW), dihadiri oleh 23 penyandang disabilitas fisik anggota IDW dari seluruh wilayah kabupaten Wonosobo. Pada pertemuan tersebut Pekerja Sosial Pendamping Penyandang Disabilitas diberikan kesempatan untuk menyosialisasikan salah satu program Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial Republik Indonesia, yaitu Program Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas (PROGRESS PD) yang menyelenggarakan layanan data satu pintu melalui Sistem Informasi Manajemen Penyandang Disabilitas (SIMPD).

Melalui SIMPD Kementerian Sosial Republik Indonesia tengah mentransformasi peningkatan kualitas data bagi penyandang disabilitas. Harapannya melalui sistem ini data mengenai penyandang disabilitas menjadi akurat dan akuntabel, sehingga pemerintah melalui Kementerian Sosial dapat meluncurkan program-program bagi penyandang disabilitas secara tepat sasaran sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Pekerja Sosial Pendamping Penyandang Disabilitas menyampaikan bahwasanya pemerintah dalam melaksanakan tugasnya tidak bekerja untuk penyandang disabilitas, melainkan bekerja bersama penyandang disabilitas. Artinya apabila bekerja untuk disabilitas, seolah-olah penyandang disabilitas hanya menjadi objek dari sebuah pekerjaan saja, berbeda halnya dengan bekerja bersama disabilitas, antara Pemerintah dengan penyandang disabilitas sama-sama menjadi subjek dalam sebuah usaha untuk mencapai kesejahteraan bagi penyandang disabilitas. Kolaborasi antara pemerintah dengan penyandang disabilitas akan menjadikan percepatan mewujudkan kondisi sejahtera dan mendorong pada nilai-nilai positif yang ditanamkan kepada penyandang disabilitas yaitu mandiri dan berdaya.

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo sangat sangat mendukung dan berterima kasih dengan adanya Peksos Pendamping Disabilitas dari Kementerian Sosial RI, diharapkan dengan hadirnya pendamping disabilitas di Kabupaten Wonosobo mampu menurunkan angka PMKS yang selama ini masih cukup tinggi.(Bim/Sos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *