Peringatan HKSN dan HDI Kabupaten Wonosobo Tahun 2022


Memperingati Hari Kesetiawanan Nasional (HKSN) dan Hari Disabilitas Internasional (HDI) tahun 2022. Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo menyelenggarakan Peringatan HKSN dan HDI Kabupaten Wonosobo Tahun 2022. Bertempat di Pendopo Bupati, Selasa (27/12).
Pada kesempatan itu Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, S.Ag, menyampaikan bahwa Peringatan HKSN Kabupaten Wonosobo Tahun 2022 ini, dapat dijadikan sebagai momentum yang mampu mewujudkan solidaritas serta kiprah dari seluruh komponen bangsa untuk bekerjasama, saling membantu, peduli dan dapat menyelesaikan masalah sosial secara bersama-sama. 
Bupati juga menyampaikan bahwa Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada dasarnya dapat kita maknai sebagai pengakuan akan eksistensi penyandang disabilitas, dan peneguhan komitmen seluruh bangsa untuk membangun kepedulian terhadap penyandang disabilitas. Dan untuk menggugah kesadaran dan pemahaman tentang pentingnya upaya pemajuan, perlindungan, dan pemenuhan hak penyandang disabilitas dalam berbagai aspek kehidupan.
Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 ini, dapat dijadikan sebagai momentum untuk meyakini, bahwa penyandang disabilitas adalah salah satu potensi kekuatan Bangsa, bukan beban bagi Negara, yang mengisyaratkan seluruh komponen Bangsa untuk bersama-sama melakukan keberpihakan terhadap penyandang disabilitas, dengan melibatkan mereka secara aktif dalam berbagai aspek kehidupan sesui potensi yang dimilikinya.
“kepada penyandang disabilitas di Kabupaten Wonosobo untuk terus berkarya, kekurangan jangan dijadikan halangan untuk berperan aktif dalam pembangunan. Saudara sekalian memiliki hak dan kewajiban yang sama, bahkan dalam beberapa hal memiliki potensi yang lebih untuk terus dikembangkan,” pesan Afif.
Dengan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional dan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2022 ini, dapat dijadikan sebagai momentum yang strategis serta tonggak bagi peningkatan nilai-nilai kesetiakawanan sosial dan kepedulian terhadap keberadaan penyandang disabilitas akan semakin meningkat, serta mampu meningkatkan peran Pilar-Pilar Sosial, dunia usaha dan swasta, relawan beserta seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan peran serta partisipasinya, dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial di Kabupaten Wonosobo.
Bupati juga mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang tulus kepada seluruh komponen yang telah mendukung dan memberikan motivasi kepada para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), sehingga meskipun dalam kondisi sulit, mereka dapat menghadapi kehidupan secara lebih bersemangat, lebih baik, lebih sehat, serta lebih berkualitas.
“tak lupa atas nama pribadi Pemerintah dan masyarakat, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan mengucapkan terima-kasih yang sebesar-besarnya kepada Kementerian Sosial, Sentra Terpadu Kartini Temanggung serta Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah yang selama ini telah mendukung pembangunan kesejahteraan sosial di Kabupaten Wonosobo, tentunya kami masih berharap dan menunggu akselerasi program dan kegiatan bagi penanganan masalah sosial di Kabupaten Wonosobo ke depan,” pungkas Bupati.
Pada Peringatan HKSN dan HDI Kabupaten Wonosobo Tahun 2022, yang dihadiri oleh Bupati, jajaran Forkopimda Wonosobo, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI, Sentra Terpadu Kartini Temanggung, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan OPD Kabupaten Wonosobo, Panti Pelayanan Sosial di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Pimpinan Lembaga Masyarakat, Dunia Usaha di Kabupaten Wonosobo, Pilar-Pilar Sosial, Kepala Dinas Sosial PMD Kabupaten Wonosobo, Dra. Harti, MM, menyampaikan bahwa tema HKSN tahun ini adalah Bangkit Bersama Membangun Bangsa dan tema tersebut dirasa sejalan dengan semangat masyarakat pasca menghadapi pandemi Covid 19 untuk melanjutkan pembangunan bangsa.
Harti juga menyampaikan berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka peringatan HKSN sekligus HDI Tahun 2022 ini. Seperti Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027, Pelaksanaan Kegiatan Rehabilitasi Sosial bagi PPKS baik APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN.
“momen ini sekaligus sebagai pengingat kita semua bahwa pelayanan kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab kita bersama-sama baik pemerintah, dunia usaha, serta masyarakat. Dan mari berlomba-lomba meningkatkan solidaritas dan kesetiakawanan social,” pungkas Harti.

Pada kesempatan itu Bupati Juga mengukuhkan Pengurus Karang Taruna Kabupaten Wonosobo periode 2022-2027.

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu juga dilaksanakan bazar produk produk dari para penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *