PENYALURAN BLT DD DI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2022

Kabupaten Wonosobo melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa melakukan monitoring terkait pelaksanaan penyaluran BLD DD di 15 kecamatan Wilayah Kabupaten Wonosobo. Untuk pelaksanaan BLT DD ini mendasarkan pada Peraturan Presiden, Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Bupati Wonosobo, salah satu prioritas penggunaan Dana Desa adalah program perlindungan sosial melalui pemberian Bantuan Langusung Tunai Dana Desa (BLT DD).

Pada hari ini Jum’at, 11 Maret 2022 dilaksanakan Kickoff Penyaluran BLT DD Triwulan 1 serentak di 15 Desa di 15 Kecamatan di Kabupaten Wonosobo yang difasilitasi oleh PD BPR Bank Wonosobo. Jumlah keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD di Kabupaten Wonosobo adalah 24.925 KPM dengan besaran BLT yang diterima adalah sebesar Rp. 300.000,00 setiap bulan. Adapun total penganggaran BLT DD di APBDesa sebesar Rp. 89.730.000.000,00 dari total Dana Desa Kabupaten Wonosobo sebesar Rp. 221.885.021.000,00.

Atas dampak COVID-19, BLT DD ini didorong untuk dapat digunakan oleh masyarakat/ KPM untuk memenuhi kebutuhan pangan harian yang sesuai dengan nilai kecukupan gizi (karbohidrat, protein, vitamin dan mineral). Ini juga dalam rangka mensukseskan program Kabupaten Wonosobo yaitu GERIMIS MESRA “Gerakan Entaskan Kemiskinan Menuju Sejahtera” dan mendukung pencapaian SDGs Desa yaitu terkait dengan  Kemiskinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *