WONOSOBO RESMI LAUNCHING PKSAI

WONOSOBO RESMI LAUNCHING PKSAI

Peringatan hari Anak Nasional di Kabupaten Wonosobo tahun 2020 terasa spesial dengan adanya peluncuran PKSAI (Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif) Kabupaten Wonosobo. Pemerintah Kabupaten Wonosobo melaunching Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI), yang salah satu misinya adalah untuk menekan tingginya angka perkawinan usia anak di Wonosobo.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo, SE, MM yang saat peresmian diwakili Wakil Bupati Ir. Agus Subagiyo, M.Si menuturkan, peringatan HAN tahun ini tetap terasa istimewa meskipun dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Meskipun dengan suasana yang berbeda, pihaknya berharap peringatan Hari Anak Nasional kali ini, tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk terus belajar dan berkarya.

Wakil Bupati Agus dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran PKSAI di Wonosobo tak lepas dari prakarsa Kementerian Sosial RI bersama UNICEF serta Yayasan Setara Semarang. PKSAI merupakan kolaborasi layanan, sebagai upaya yang terarah, terpadu, komprehensif dan berkelanjutan dalam penanganan persoalan anak. “Adanya pelayanan sosial terintegrasi ini, saya berharap Kabupaten Wonosobo semakin mendapat prioritas sebagai kabupaten layak anak,” katanya.

Wonosobo merupakan satu dari tujuh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang ditunjuk untuk membentuk replikasi PKSAI. Pemda Kabupaten Wonosobo berkomitmen untuk mewujudkan PKSAI yaitu dengan menerbitkan Peraturan Bupati Wonosobo Nomor 9 Tahun 2020, tentang Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif.

Dalam kesempatan lain, Plt Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo Tarjo, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa PKSAI ini menjadi kerja kolaborasi di Kabupaten Wonosobo untuk memenuhi hak anak. Untuk mewujudkan hak anak itu, dibutuhkan kerjasama semua stakeholder dan tidak hanya dilakukan oleh Dinas Sosial PMD, Dinas PPKBPPPA, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *